Selasa, 11 Oktober 2011

Membuat Aplikasi Visual Basic

Membuat Aplikasi Visual Basic Anda yang Pertama

Untuk membuat sebuah projek baru, tekan menu File | New | Project. Sebuah kotak dialog akan muncul sebagaimana gambar I-3. Dari pilihan templates yang ada, pilihlah Windows Application sebagai projek Anda yang pertama. Pada textbox Name, isilah projek ini dengan nama HalloIndonesia.
Berbeda dengan aturan penamaan pada Visual Basic versi sebelumnya yang mengharuskan nama projek diawali dengan huruf dan kemudian angka, pada Visual Basic .NET nama projek boleh diawali dengan angka. Adapun karakter-karakter khusus yang tidak dapat digunakan sebagai nama sebuah projek antara lain: tanda pagar (#), tanda persen (%), tanda ampersand (&), tanda bintang (*), baris vertikal ( | ), titik dua (:), garis miring (/), garis miring terbalik (\), petik ganda (“”), lebih kecil (<), lebih besar (>), tanda Tanya (?), spasi (‘ ‘), dan kata-kata kunci yang digunakan oleh windows atau DOS seperti “null”, “aux”, “con”, “com1”, “lpt1”, dan lain sebagainya.

Visual Basic .NET akan membuat solution dengan HalloIndonesia.sln dan HalloIndonesia.vbproj serta windows form dengan nama Form1.vb. Sebuah projek dapat berisi lebih dari satu form.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar